Efektivitas Pelayanan Admnistrasi Kependudukan Melalui Kanal Website Go Digital (GODIGI) Di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Probolinggo
Abstract
Pelayanan administrasi menjadi suatu hal yang penting dan harus diperharikan agar kesejahteraan bisa terwujud. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam penyelenggaraan pelayanan publik, pemerintah menyediakan website go digital (GODIGI). Website ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk merespon permasalahan dan memberikan solusi atas permasalahan pelayanan publik tersebut, seperti masalah waktu pelayanan dan kenyamanan publik. Penelitian ini memanfaatkan metode penelitian deskriptif yang bertujuan menggambarkan peristiwa secara sistematis dan terperinci sesuai dengan kondisi di lapangan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kanal website Go Digital telah berhasil meningkatkan efektivitas pelayanan administrasi kependudukan di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Probolinggo, terutama dalam hal kemudahan akses, kecepatan pelayanan, dan kualitas layanan. Namun, terdapat beberapa masalah yang perlu diperbaiki, seperti kurangnya sosialisasi tentang penggunaan kanal website Go Digital dan beberapa kendala teknis. Oleh karena itu, disarankan agar Mal Pelayanan Publik terus meningkatkan sosialisasi dan perbaikan teknis untuk meningkatkan pelayanan administrasi yang lebih efisien dan unggul.
References
Farida, U., Bustamin, Wagiyanto, E., & Salam, R. (2017). Analysis of Empowerment Program that was Implemented in Mamuju Regency East Sulawesi Indonesia. In 2nd International Conference on Education, Science, and Technology, 19.
GODiGi Kab Probolinggo. (n.d.). . Retrieved April 18, 2023, from http://godigital.dispendukcapil.probolinggokab.go.id/
Pasolong, H. (2011). Perilaku birokrasi dalam pelayanan publik. Jurnal Administrasi Negara.
Sahid. (2016). Bureaucracy Accountability in Public Administration at Creative Economy and Tourism Department of Makassar in Indonesia. Mediterranean Journal of Social Sciences, 7(5), 343–348. Retrieved from http://www.mcser.org/journal/index.php/mjss/article/vie%0Aw/9470
Siagian, S. (2006). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Smith, A., & Akib, H. (2015). The Implementation Effectiveness of Trash Management in Ambon, Maluku: The Influence of Socialization, Coordination and Control to the Effectiveness of Trash Management. International Journal of Public Administration, 38(10), 683–685. Retrieved from https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/01900692%0A.2014.908214%0A
Subandi. (2020). Beri Kemudahan, Dispendukcapil Kabupaten Probolinggo Luncurkan Layanan Go Digital.
Sufianti, E. (2018). Aplikasi E-Government DalamMeningkatkan kualitas Pelayanan Publik Pada Pemerintah Daerah Kota/Kabupaten Di Indonesia. Jurnal Ilmu Administrasi, 4(4).
Yusriadi. (2018a). Reformasi Birokrasi Indonesia: Peluang dan Hambatan. Jurnal Administrasi Publik (Public Administration Journal), 8(2), 178–185. Retrieved from https://ojs.uma.ac.id/index.php/adminpublik/article/view/%0A1824
Yusriadi. (2018b). Bureaucratic Reform Barriers: A Case Study on the One Stop-Integrated Service Office in Bone Regency. Jurnal Kebijakan Dan Administrasi Publik, 22(2), 146–154. Retrieved from https://jurnal.ugm.ac.id/jkap/article/view/34536
Copyright (c) 2023 Eko Yudianto Yunus, Uswatul Hasanah, Faradhillah La Seda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License