Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Keputusan Pembelian Smartphone Iphone pada Konsumen Generasi Z di Kabupaten Garut

  • Dede Hikmatulloh Universitas Garut
  • Irfan Nabhani Universitas Garut
  • Oktri Mohammad Firdaus Universitas Garut
Keywords: Citra Merek, Gaya Hidup, Kelompok Referensi, Proses Keputusan Pembelian

Abstract

Kabupaten Garut terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Menurut data dari Garutkab.go.id, Demografi Generasi Z adalah yang terbesar di daerah ini. Keputusan Generasi Z untuk membeli iPhone di Kabupaten Garut yaitu efek dari gaya hidup, citra merek, dan kelompok kelompok referensi. Penurunan harga saham Apple dan pendapatan dikarenakan munculnya iPhone refurbished, iPhone high definition copy & iPhone internasional mempengaruhi kualitas iPhone di pasaran. Keputusan pembelian smartphone iPhone oleh Generasi Z baik itu unit bekas internasional, refurbished, atau resmi sering kali dipilih demi memenuhi gaya hidup mereka tanpa mempertimbangkan harga, kualitas dan isu-isu negatif yang mempengaruhi citra merek iPhone. Sementara itu, Generasi Z belum mampu membeli smartphone iPhone. Diantisipasi bahwa metodologi deskriptif dan asosiatif penelitian ini akan mengklarifikasi dan mengevaluasi kejadian yang diperiksa dengan cermat. Metodologi dalam penelitian ini bersifat kuantitatif dengan basis menganalisis populasi dan sampel pada setiap variabel. Random Sampling merupakan prosedur pengambilan sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui distribusi kuesioner melalui penggunaan Google Form, Google Spreadsheet, dan e-mail dengan skala likert. Penelitian ini melibatkan Generasi Z yang menggunakan iPhone sebagai populasi. Seratus responden adalah bagian dari populasi yang ditetapkan menggunakan metode sampel non-probabilitas. Aplikasi pengolahan data statistik seperti SEM-PLS dan SmartPLS 4 akan digunakan untuk teknik analisis data yang akan digunakan.

References

Amalia Yunia Rahmawati. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone IPhone (Survei Pada Mahasiswa Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta) Riska. July, 1–23.

Anggelina, R. (2020). Pengaruh Kelompok Referensi, Gaya Hidup Dan Sikap Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame Pada Masyarakat Kota Pekanbaru. Http://Repository.Uin-Suska.Ac.Id/29000/

Annisah, N. (2023). Pengaruh Gaya Hidup Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pengguna IPhone Di Universitas Muhammadiyah Mataram).

Apriyandani, H., Yulianto, E., & Sunarti. (2017). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2014 Dan 2015 Universitas Brawijaya Malang Yang Membeli Dan Menggunakan Smartphone IPhone). Jurnal Administrasi Bisnis (Jab)|Vol, 50(2), 180–189.

Aropah, D. Z., Wijayanto, H., & Wahyuningsih, D. W. (2022). Pengaruh E-Wom, Pengetahuan Produk, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian IPhone Bekas Bergaransi Ex Internasional Di Ponorogo. Bussman Journal : Indonesian Journal Of Business And Management, 2(2), 344–358. Https://Doi.Org/10.53363/Buss.V2i2.63

Bernard E. Silaban, H. A. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Gaya Terhadap Keputusan Pembelian IPhone. Esensi, 20(2), 1–28.

Delia Ramadhani, Dwi Wahyu Artiningsih, S. (2020). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian IPhone (Studi Pada Mahasiswa Dan Mahasiswi Di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kalimatan Muhammad Arsyad Al – Banjari Banjarmasin) 1 Delia. 1, 1–5.

Dharmmesta, Basu Swastha Dan T. Hani Handoko. 2014. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Yogyakarta: Bppfe.

Fatimah, S. (2013). Pengaruh Gaya Hidup Dan Konsep Diri Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Memilih Coffeeshop Di Samarinda. Motivasi, 1(1), 36-43.

Fatimah, S. (2014). Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, Dan Loyalitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pelembab Wardah Pada Konsumen Al Yasini Mart Wonorejo. Sketsa Bisnis, 1(2).

Fierro, Iván; Pinto, Diego; Afanador, D. (2014). Pengaruh Gaya Hidup Dan Fitur Terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Apple IPhone 5s Di Kota Bandung. August, 1–43.

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk Dan Merek (Planning & Strategy) (P. 203). P. 203.

Ghozali, I. 2019. Desain Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Semarang: Universitas Diponegoro.

Helwig, N. E., Hong, S., & Hsiao-Wecksler, E. T. (N.D.). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian IPhone (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Semarang) 1.2.

Imam, M. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian IPhone Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Galang Tanjung, 2504, 1–9.

Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press

Iskuntianti, N. D., Faisal, M. A., Naimah, J., & Sanjaya, V. F. (2020). The Influence Of Brand Image, Lifestyle, And Product Quality On Purchasing Decisions. Journal Of Business Management Review, 1(6), 436–448. Https://Doi.Org/10.47153/Jbmr16.752020

Kotler Philip And Kevin Lane Keller Musnaini, Dkk, (2021).Manajemen Pemasaran. Kubung: Cv Insan Cendekia.

Minarti, M. S. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Shopee (Doctoral Dissertation, Prodi Manajemen).

Ramadhany, N., Imran, U. D., Z, N., & Latief, F. (2023). Pengaruh Gaya Hidup Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk IPhone Pada Mahasiswa Institut Teknologi Dan Bisnis Nobel Indonesia Makassar. Malomo: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 89–102.

Rohman, A. (2023). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif. Natuja: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(2), 098-105.

Rohman, A. (2023). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif. Natuja: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(2), 098-105.

Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian (T. Koryati (Ed.)). Jogjakarta: Penerbit Kbm Indonesia.

Sari Dewi, L. G. P., Edyanto, N., & Siagian, H. (2020). The Effect Of Brand Ambassador, Brandsari Dewi, L. G. P., Edyanto, N., & Siagian, H. (2020). The Effect Of Brand Ambassador, Brand Image, And Brand Awareness On Purchase Decision Of Pantene Shampoo In Surabaya, Indonesia. Shs Web Of Conferences, 76, 01023. Shs Web Of Conferences, 76, 01023.

Saptoadi, B. U. (2013). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Honda Vario Techno 125 Pgm–Fi.

Shyntia. Putra, F. A. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian IPhone (Studi Pada Konsumen IPhone Di Universitas Brawijaya). Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.

Sitorus, A. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian IPhone (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Aangkatan 2017 Universitas Sumatera Utara).

Somantri, B., Afrianka, R., & Fahrurrazi. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian IPhone (Studi Kasus Pada Siswa Dan Siswi Sman 3 Kota Sukabumi). Cakrawala-Repositori Imwi, 3(1), 1–10.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alphabet.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen: Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sunyoto, Danang, Dan Yanuar Saksono. 2022. “Perilaku Konsumen.” Magister Alfatah Kalijaga, S.T., M.T., C.G.L. 978-623–48(Eureka Media Aksara, November 2022 Anggota Ikapi Jawa Tengah No. 225/Jte/2021 Redaksi:).

Suryani, N. I., & Dkk. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Ekuitas Merek Dan Gaya Hidupterhadap Keputusan Pembelian Smartphone IPhone Di Kotabogor. Yume : Journal Of Management, 4(2), 254–272. Https://Doi.Org/10.37531/Yume.Vxix.787

Wulansari, A., & Setiawan, M. B. (2023). Economics And Digital Business Review Pengaruh Citra Merek, Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian IPhone. Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan…, 4(1), 338–348.

Zannah, D. A. M. (2022). The Effect Of Brand Image, Price And Lifestyle On Purchase Decisions Of IPhone Brand Smartphones (Case Study Of Generation Z In Surabaya City) Suwitho Indonesian College Of Economics (Stiesia) Surabaya. Journal Of Management Science And Research, 11(7), 1–16.

Published
2024-10-31