Analisis Kemampuan, Motivasi, dan Kesempatan Dalam Meningkatkan Personal Branding Dosen Pada Fakultas Ekonomi Universitas Garut

  • Rineta Arta Mevia Sopianti Universitas Garut
  • Wati Susilawati Universitas Garut
  • Irfan Nabhani Universitas Garut
Keywords: AMO Theory, Dosen, Personal Branding

Abstract

Pendidikan diyakini menjadi salah satu faktor penting dalam mempersiapkan dan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satunya adalah perguruan tinggi, merupakan lembaga pendidikan tingkat tinggi harus memperhitungkan aspek kualitas pendidikan yang fokus pada pengembangan karakter, keilmuan, dan keahlian yang mapan. Dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, dosen memiliki banyak peran dan tanggung jawab salah satu yang menjadi penyebabnya dipengaruhi oleh Personal branding yang mana selain menjadi citra positif bagi dosen berdampak juga terhadap branding perguruan tinggi itu sendiri. Selama proses berjalannya yang dilakukan secara internal atau eksternal oleh dosen tidak terlepas dari faktor lain yang dipengaruhi juga oleh Kemampuan, Motivasi dan Kesempatan pada dosen di setiap perguruan tinggi. Salah satu perguruan tinggi terbaik di garut yaitu Universitas Garut memiliki Personal branding yang baik sehingga banyak calon mahasiswa yang berminat untuk melanjutkan pendidikannya ke Universitas Garut. Fakultas yang paling banyak mahasiswa di setiap tahunnya adalah fakultas ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Pengaruh Kemampuan (Ability), Motivasi (motivation), dan Kesempatan (Opportunity) terhadap Personal branding Dosen Pada Fakultas Ekonomi Universitas Garut. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan asosiatif. Data primer diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 49 responden dengan menggunakan metode penentuan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan PLS-SEM. Hasil analisis menunjukan bahwa Kemampuan (Ability) dan Kesempatan (Opportunity) memiliki Pengaruh signifikan terhadap Personal Branding Dosen Pada Fakultas Ekonomi Universitas Garut sedangkan Motivasi (Motivation) tidak memiliki Pengaruh signifikan terhadap Personal Branding Dosen Pada Fakultas Ekonomi Universitas Garut.

References

Fadhil, M., & Ashoer, M. (2020). Pengaruh Budaya Kerja, Kemampuan dan Komitmen terhadap Kinerja Dosen pada Perguruan Tinggi di Kabupaten Maros. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 3(2), 161–169. https://doi.org/10.32493/frkm.v3i2.4456
Fekon Uniga. (2023). Profil Fakultas Ekonomi. Uniga. fekon.uniga.ac.id
Hamdani, N. A., & Susilawati, W. (2018). Application of information system technology and learning organization to product innovation capability and its impact on business performance of leather tanning industry. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(2), 131–135. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i2.29.13143
Kadir, Abdul, M., & Machasin, D. (2014). Jurnal Ekonomi Volume 22, Nomor 2 Juni 2014. Ekonomi, 22, 1–17.
Nulhaqim, S. A., Heryadi, R. D., Pancasilawan, R., & Fedryansyah, M. (2015). Peranan-Perguruan-Tinggi-Dalam-Meningkat. Share: Social Work Jurnal, 6(2), 154–272.
Nyoman, B., Putra, K., Vipraprastha, T., & Denpasar, U. M. (2019). PERSONAL BRANDING , SOCIAL MEDIA MARKETING , DAN WORD OF MOUTH DALAM MENINGKATKAN BUYING DECISION PADA KONSUMEN E-COMMERCE SHOPEE. 34(1), 75–84.
Qothrunnada, K. (2021). Kesempatan Kerja: Pengertian dan Faktor yang Memengaruhinya. DetikPedia.
Rahmat, A. (2013). Pengantar Pendidikan Teori, Konsep, dan aplikasi. Journal of Chemical Information and Modeling, 9, 1689–1699.
Shidarta, I., & Lusyana, D. (2014). Analisis faktor penentu kompetensi berdasarkan konsep knowledge, skill, dan ability di sentra kaos suci Bandung. Jurnal Computec & Bisnis, 8(1), 49–60.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D (cetakan ke). CV Alfabeta.
Susilawati, W. (2017). Aktivitas Promosi Melalui Media Sosial terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen pada PD. Astiga Jaket Kulit Garut. Jurnal Wacana Ekonomi, 16(3), 1–8. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JA/article/view/406
Wijoyo, S., & Mashuri, M. A. (2021). Peningkatan Kinerja BUMD Provinsi Jawa Timur dalam Perspektif Ability, Motivation, Oportunity. Inovasi, 17(1), 10–18. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/INOVASI/article/view/9243
Zulfa, S. A., Hermina, T., & Wufron, W. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Dan Search Engine Optimization Pada Purchase Decision E-Commerce Sociolla Di Kabupaten Garut. 1–13.
Published
2024-10-31