Analisis Pengguna Shopee Paylaterd dengan Pendekatan Unified Theory Of Acceptance and Use (UTAUT2)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peneriamaan Shopee Paylater di Jawa Barat yang diukur menggunakan Sem-PLS menggunakan pendektatan unified theory of acceptance and use of technology (UTAUT2). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kuesioner, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini, terdapat pengaruh yang siginifikan antara Behavioural Intention terhadap Use Behaviour dengan lima variabel lainnya.
References
Adirinekso, G. P. (2021). Minat dan Penggunaan Fintech PayLater Pekerja Urban Pelanggan Traveloka dan GoJek Sebelum dan Selama Pandemi Covid 19 di DKI Jakarta. Journal of Management and Business Review, 18(2), 327–342. https://doi.org/10.34149/jmbr.v18i2.283
Ainul Bashir, N. A. (2020). Penerapan Model UTAUT 2 Untuk Mengetahui Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penggunaan SIORTU. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 5(1), 42–51. https://doi.org/10.21831/elinvo.v5i1.30636
Amelia, V. H. I. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Fitur Spaylater Pada Aplikasi Shopee Dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Konsumtif. Skripsi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, 17.
Andreas, C. (2012). UTAUT and UTAUT 2: A Review and Agenda for Future Research. The Winners, 13(2), 106–114.
Andrianto, A. (2018). Faktor Yang Memengaruhi Behavior Intention Untuk Penggunaan Aplikasi Dompet Digital. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 25, 111–122.
Aprianto, J. D., & Hadibrata, B. (2023). The Effect of Benefits, Convenience, Risk, Income on Purchase Decisions Using Shopee Paylater. Dinasti International Journal of Management Science, 4(4), 793–802. https://doi.org/10.31933/dijms.v4i4.1658
Awdes, O. A., Surya, F., & Zahara. (2022). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Penggunaan Fitur PayLater pada Aplikasi Shopee ( SPaylater ) Dengan Model UTAUT2. Jurnal Accounting Information System, Taxes and Auditing, 1(2), 104–111.
Chang, C. M., Liu, L. W., Huang, H. C., & Hsieh, H. H. (2019). Factors influencing Online Hotel Booking: Extending UTAUT2 with age, gender, and experience as moderators. Information (Switzerland), 10(9). https://doi.org/10.3390/info10090281
Damayanti, K. P., Lavianto, S., & Dwi Putri, I. G. A. P. (2022). Analisis Behavioral Intention Dan Use Behavior Terhadap Pengguna Fintech Dana Menggunakan Metode Utaut 2. JTKSI (Jurnal Teknologi Komputer Dan Sistem Informasi), 5(3), 191. https://doi.org/10.56327/jtksi.v5i3.1226
Diaza, G., & Pratnyawati, T. (2023). Terhadap Pembelian Impulsive Pada Mahasiswa Uin Malang Jurusan Manajemen 2018-2020. Jurnal EKBIS : Analisis, Prediksi, Dan Informasi, 24(1), 72–83.
Dwita Fania, S., & Rahman Prehanto, D. (2022). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Intensi Pengguna Shopeefood pada Aplikasi Shopee Menggunakan Metode UTAUT. Jeisbi, 03(03), 2022.
Fadhila, F., Azhar, & Marpaung, M. (2020). Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan Produk Dan Faktor Sosial Terhadap Penggunaan Shopeepaylater. Jurnal Bisnis Ekonomi Halal, 1(2), 20–30.
Ginting, T. W., Panjaitan, E. S., & Yunis, R. (2023). Peran Variabel Keakraban Dalam Penggunaan E-Commerce Pada Model UTAUT. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 10(2), 105–116.
Hafifah, L. L., Utami, N. W., & Dwi Putri, I. G. A. P. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Behavioral Intention Dan User Behavior Pada Fintech Shopeepay Menggunakan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (Utaut). Jurnal Akuntansi Bisnis, 15(2), 102–117. https://doi.org/10.30813/jab.v15i2.3574
Handayani, T., & Sudiana, S. (2017). Analisis Penerapan Model Utaut (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) Terhadap Perilaku Pengguna Sistem Informasi (Studi Kasus: Sistem Informasi Akademik Pada Sttnas Yogyakarta). Angkasa: Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi, 7(2), 165. https://doi.org/10.28989/angkasa.v7i2.159
Hayundryo, M. N., Studi, P., Komunikasi, I., Komunikasi, F., Informatika, D. A. N., & Surakarta, U. M. (2023). Pengaruh terpaan iklan shopeepaylater di youtube terhadap gaya komsumtif mahasiswa fakultas komunikasi dan informatika universitas muhammadiyah surakarta.
Hiyanti, H., Nugroho, L., Sukmadilaga, C., & Fitrijanti, T. (2020). Peluang dan Tantangan Fintech (Financial Technology) Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 5(3), 326–333. https://doi.org/10.29040/jiei.v5i3.578
Indah, M., & Agustin, H. (2019). Penerapan Model Utaut (Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology) Untuk Memahami Niat Dan Perilaku Aktual Pengguna Go-Pay Di Kota Padang. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(4), 1949–1967. https://doi.org/10.24036/jea.v1i4.188
Khairat, M., Yusri, N. A., & Yuliana, S. (2019). Hubungan Gaya Hidup Hedonis Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswi. Al-Qalb : Jurnal Psikologi Islam, 9(2), 130–139. https://doi.org/10.15548/alqalb.v9i2.861
Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku Konsumtif di Kalangan Remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 1–6. https://doi.org/10.29210/3003210000
Mardikaningsih, R., Sinambela, E. A., Darmawan, D., Nurmalasari, D., Manajemen, P. S., & Sungkono, U. M. (2020). Hubungan Perilaku Konsumtif dan Minat Mahasiswa Menggunakan Jasa Pinjaman Online. Jurnal Simki Pedagogia, 3(6), 98–110. https://jiped.org/index.php/JSP
Meidita, Y., & Indah Rokhmawati, R. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan, Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan pada E-Commerce (Studi Kasus : Shopee). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(11), 2548–2964. http://j-ptiik.ub.ac.id
Merhi, M., Hone, K., & Tarhini, A. (2019). A cross-cultural study of the intention to use mobile banking between Lebanese and British consumers: Extending UTAUT2 with security, privacy and trust. Technology in Society, 59(July), 101151. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2019.101151
Michael Page, I. (2022). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 18312023.
Mooduto, W. P. A., & Mariam, I. (2020). Penerimaan dan Penggunaan OVO Paylater dengan Menggunakan Model UTAUT. Jurnal Administrasi Profesional, 1(02), 8–15. https://doi.org/10.32722/jap.v1i02.3659
Nathania Ardiyani, P., Rahardja, Y., Tambotoh, J. J., Sistem Informasi, P., Teknologi Informasi, F., Kristen Satya Wacana Jl Notohamidjojo, U. O., & Tengah, J. (2023). Analisis Penerimaan Learning Management System Menggunakan Model UTAUT 2 Pada Universitas Tadulako. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 10(1), 157–171. http://jurnal.mdp.ac.id
Onibala, A. A., Rindengan, Y., & Lumenta, A. S. (2021). Analisis Penerapan Model UTAUT2 Terhadap E-Kinerja pada Pemerintah Provinsi Sulawesi utara. E-Journal Teknik Informatika, 2, 1–13. http://repo.unsrat.ac.id/2974/
PENGARUH PE, EE, FC DAN SC TERHADAP BU.pdf. (n.d.).
Permana, G. P. L., & Parasari, A. A. A. I. (2019). Pengaruh Hedonic Motivation, Social Influence, Dan Perceived Enjoyment Terhadap Penggunaan Marketplace Pada Umkm Di Bali: Studi Kasus Pada Hipmi Provinsi Bali. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 90. https://doi.org/10.38043/jimb.v4i1.2154
Prastiwi, I. E., & Fitria, T. N. (2021). Konsep Paylater Online Shopping dalam Pandangan Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 425. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1458
Putranta, Y. E., Alamsyah, R., Tan, L., & Tamara, D. (2020). the Determinant Factors of Mobile Payment Adoption. Eurasian Journal of Social Sciences, 8(3), 134–147. https://doi.org/10.15604/ejss.2020.08.03.005
Rahima, P., & Cahyadi, I. (2022). Pengaruh Fitur Shopee Paylater terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Mataram. Target : Jurnal Manajemen Bisnis, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.30812/target.v4i1.2016
Sinta Wahyuni, N. W., & Sri Darma, G. (2019). Mobile Advertising, Product Social Value dan Purchase Intention pada Instagram. Jurnal Manajemen Bisnis, 16(4), 87. https://doi.org/10.38043/jmb.v16i4.2253
Soebekti, B., Wijaya, L., Tjahjadi, T., & Hendriana, E. (2023). Perluasan UTAUT2 Untuk Memahami Continuance Intention Pada Paylater. Cakrawala Repositori IMWI, 6(5), 2045–2061. https://doi.org/10.52851/cakrawala.v6i5.522
Trifiyanto, K. (2022). Adopsi Paylatter Pada Generasi Z: Mengintegrasi Model Penerimaan Utaut2. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 1882–1899. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2561
Utami, A. R. (2022). The Effect of Using Shopee Paylater Payments on The Cosumption Behavior and Impulsive Buying of English Education Students. Jurnal Pustaka Ilmu, 2(5), 2–6.
Venkatesh, V., Thong, J. Y. L., & Xu, X. (2012). Consumer acceptance and use of information technology: Extending the unified theory of acceptance and use of technology. MIS Quarterly: Management Information Systems, 36(1), 157–178. https://doi.org/10.2307/41410412
Wahyuni, R., Irfani, H., & Syahrina, I. A. (2019). Terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online Pada Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Jurnal Benefita, 4(3), 548–559.
Wijaya, M., Sumantri, E., Kencana, H., Wahyuningsih, E. S., Arinastuti, A., & Sundari, S. (2022). Financial Technology: Sebagai Salah Satu Alternatif Media Transaksi Pembayaran pada UMKM Aneka Peyek Al Rumi di Desa Banjarparakan Kecamatan Rawalo, Banyumas. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(4), 1175–1182. https://doi.org/10.54082/jamsi.390
Yahya, A. (2021). Determinan Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 23(1), 37. https://doi.org/10.33370/jpw.v23i1.506
Yunis, R., Tiana, A., & Astuti, F. (2017). Analisis Penerimaan Pengguna Akhir dengan Model UTAUT : Peran Gender, Age, dan Experience dalam Menggunakan NOSS-F Systems. Conference on Information Technology, Information Systems and Electrical Engineering, 112(061), 189–194.
Copyright (c) 2024 Rina Asmara, Nizar Alam Hamdani, Minto Yuwono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.