Penerimaan Warganet Terhadap Berita Dari Influencer vs Media Massa (Analisis Penerimaan Pembaca Terhadap Berita yang Dibuat Influencer vs Media Massa di Media Sosial)

  • Hakim Abdul Ghani Universitas Garut
  • Irfan Nabhani Universitas Garut
  • Hera Laxmi Devi Septiani Universitas Garut
Keywords: Influencer, Media Massa, Sosial Media

Abstract

Kehadiran media sosial mengubah banyak hal. Salah satunya adalah 'Ruang Berita'. Saat ini terdapat fenomena netizen yang lebih memilih mengonsumsi berita dari akun influencer di media sosial, dibandingkan media massa dalam platform yang sama. Faktanya, media massa mempunyai kredibilitas untuk melakukan hal tersebut. Di tingkat lokal, hal ini setidaknya terlihat dari perbandingan yang sangat jauh, antara jumlah pengikut akun influencer dengan jumlah pengikut media massa di media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fenomena tersebut. Untuk membuktikan benar atau tidaknya, kecenderungan netizen lebih memilih mengonsumsi berita dari influencer dibandingkan media massa di media sosial, dan mencari tahu apa saja faktor pendorong yang menyebabkannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Peneliti melontarkan beberapa pertanyaan kepada warganet yang diambil berdasarkan klasifikasi tertentu. Hasil survei tersebut kemudian didukung dengan pernyataan beberapa ahli di bidangnya yang relevan dengan topik yang diteliti. Hasilnya, warganet diketahui lebih memilih mengonsumsi berita di akun influencer dibandingkan media massa di media sosial. Ada beberapa faktor yang menjadi pemicunya. Diantaranya karena influencer dinilai lebih up to date dibandingkan media massa, dalam hal penyebaran berita di media sosial. Hal ini membuat influencer lebih digandrungi oleh netizen, dibandingkan media massa. Namun di sisi lain, fenomena ini juga menyisakan banyak pertanyaan yang perlu dijawab. Sebab, bagaimana influencer bisa menjadi primadona warganet dalam pemberitaan, padahal mereka tidak berkompeten dalam memproduksi dan mendistribusikan berita.

References

Aisyah, R. (2021). Strategi Percepatan Pengelolaan dan Pengembangan UMKM yang Berkesinambungan pada Sub-Sektor Kriya di Industri Kreatif “Be-Kraf. Universitas Garut.

Ardianto, E. (2009). Komunikasi Massa : Suatu pengantar (Edisi Pert). Widya.

Ardyansyah, A. J., & Suprabowo, I. (2022). Da ’ wah Message on the YouTube Channel Hobby Makan ( Stuart Hall Theory Reception Analysis ) Da ’ wah Mes sage on the YouTube Channel Hobby Makan ( Stuart Hall Theory Reception Analysis ).

Caroll, E & Romano, J. (2011). Your Digital Afterlife. New Riders.

Castells, M. (2002). The internet and the network society (B. Wellman). Blackwell Publishing.

Creswell, J. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative and Mix Methods Approarches. Pustaka Pelajar.

Daulay, H. (2016). Jurnalistik dan Kebebasan Pers. PT. Remaja Rosdakarya.

Dirgantoro, C. (2001). Manajemen Strategik: Konsep, Kasus dan Implementasi. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Dirmanto. (2020). Implementasi Theory Planned Behavior terhadap Minat Berkunjung Ulang pada Pengunjung G Hotel Syariah Lampung. Skripsi, Jurusan Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya Bandar Lampung.

Ghani, H. A. (2019). Wacana Dalam Berita Kasus Hubungan Sedarah Bapa dan Anak Kandung di Kabupaten Garut. Universitas Garut.

Hasni, N., Cangara, H., & Fatimah, J. M. (2019). Daya Tahan Bisnis Media Cetak Ditengah Maraknya Penggunaan Media Online Di Kota Makassar ( Skh Fajar Dan Skh Tribun Timur ) Media of Impresion of Business Resistance in the Middle of the Use of the Media in Line of the City of Makassar ( Fajar and Skh Skh. Medialog, II(I), 43.

Jundullah, M. A. G. (2021). Pengaruh Jurnalisme Warga Terhadap Peningkatan Partisipasi Masyarakat Mengakses Instagram Akun Makassar Info.

Kusnadi, and Priono, M. (2010). Suatu Wujud Dari Demokratisasi di Indonesia Citizen Journalism Indonesia : Suatu Wujud Dari Demokratisasi di Indonesia. 1–12. http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2306.

Laughey, D. (2007). Key Themes in Media Theory. Typeset by YHT Ltd.

Lestari, S. P., Rachmaria, L., Studi, P., & Komunikasi, I. (2018). Peran Citizen Journalism Dalam Menyajikan Informasi Kota Tangerang Selatan Berbasis Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif pada Akun Instagram @tangsel.life). 1–8. https://instagram.com/,diakses

Mahdi, M. I. (2022). Pengguna Media Sosial di Indonesia. DataIndonesia.Id.

Mandibergh. (2012). Media Sosial. Simbiosa Rekatama Media.

Nadin, A. M., & Ikhtiono, G. (2019). Manajemen Media Massa Menghadapi Persaingan Media Online. Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Da’wah, 3(1), 206–213.

Narbuko, Cholid & Achmadi, A. (2012). Metodologi Penelitian. Bumi Aksara.

Nasih, M., Susanto, O. M., Fanshury, A. R., Hermawan, S., Sidoarjo, U. M., Sidoarjo, U. M., Sidoarjo, U. M., & Sidoarjo, U. M. (2020). Influencer Dan Strategi Penjualan : Studi Netnografi Pada Pengguna Jasa Selebgram. 4, 135–144.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Nurhadi, Z. F. (2021). Riset Kualitatif. Raja Grafindo Persada.

Pearson Ed. Fuchs, C. (2014). Social Media: a critical introduction. Sage.

Prastowo, A. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Ar-Ruzz.

Putri, V. K. M. (2022). Jurnalisme Warga: pengertian dan 5 bentuk aktivitasnya. Kompas.Com.

Rangkuti, F. (2013). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rizkinaswara, L. (2022). Kominfo Blokir 565.449 Konten Hoaks di Medsos Sepanjang 2021. Kementrian Komunikasi Dan Informatika RI.

Rohim, S. (2009). Teori Komunikasi. PT.Rineka Cipta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D (cetakan ke). CV Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.

Susanto, R. (2022). Kemenangan Marcos Jr dan Pengaruh Disinformasi di Medsos. Deutsche Welle.

Syarifudin, Y. (2010). Jurnalistik Terapan. Ghalia Indonesia.

Widyatama, N. (2009). Strategi Pengembangan Komoditas Sukun (Artocarpus Communis Forst) di Kabupaten Cilacap. Universitas Sebelas Maret.

Wuisan, P. angelia. (2021). Regresi adalah: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Rumusnya. Modal Rakyat.

Published
2024-04-25