Electronic Word Of Mouth Terhadap Brand Awareness Dan Dampaknya Pada Purchase Intention Kerudung Deenay Di Kabupaten Garut
DOI:
https://doi.org/10.52434/jesm.v1i02.123Keywords:
Brand Awareness, Electronic Word of Mouth, Purchase IntentionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Brand Awareness dan dampaknya pada Purchase Intention pada Kerudung Deenay di Kabupaten Garut. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa hasil kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden pada konsumen kerudung Deenay di Kabupaten , dengan teknik sampling yaitu non probability sampling dan purposive sampling. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Electronic Word of Mouth dan Brand Awareness, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini yaitu Purchase Intention. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah structural Equation Modelling (SEM) PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Electronic Word of Mouth berpengaruh terhadap Brand Awareness pada kerudung Deenay di Kabupaten Garut, selanjutnya Electronic Word of Mouth berpengaruh terhadap Purchase Intention dan Brand Awareness berpengaruh terhadap Purchase Intention pada kerudung Deenay di Kabupaten Garut. Kesimpulan penelitian ini bahwa apabila Electronic Word of Mouth baik maka akan berpengaruh pada Brand Awareness sehingga akan berdampak pada meningkatnya Purchase Intention pada kerudung Deenay.
References
Assael. (2002). Consumer Behavior Edisi Bahasa Indonesia. New Jersey: Prentice-Hall. Inc.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Delapan Semarang: Universitas Diponegoro.
Goyette, e. a. (2013). E-Wom: Word of Mouth Measurement Scale for E-Service Context. Journal of Administrative Sciences, Vol 27 .
Hafizah, N., & Ariyanti , M. (2019). Pengaruh The Public Good dan Knowledge Self- Efficacy terhadap Niat Konsumen Melakukan Electronic Word of Mouth (EWOM) (Sudi pada Pengguna Kaskus di Indonesia). Jurnal Mitra Manajemen, Vol 3 No 1.
Kotler, K. d. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Patria, D. T. (2017). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Warung Instamie Bandung. Vol 3 No. 1, 217-221.
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/download/5660/pdf
Puteri, N. B. (2018). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Brand Image Dan Purchase Intention Nike Corporation Di Indonesia Pada Pengguna Instagram Dengan Structural Equation Modeling.
https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/home/catalog/id/149379/slug/pengaruh-electronic-word-of-mouth-terhadap-brand-image-dan-purchase-intention-nike-incorporation-di-indonesia-pada-pengguna-instagram-dengan-structural-equation-modeling.html
Reistian, D. (2019). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Respon Khalayak (Studi Kasus Pada Meme Film Dilan 1990).
https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/home/catalog/id/149431/slug/-pengaruh-electronic-word-of-mouth-terhadap-respon-khalayak-studi-kasus-pada-meme-film-dilan-1990-the-effect-of-electronic-word-of-mouth-meme-of-dilan-1990-movie-towards-audience-response-a-case-study-on-meme-of-dilan-1990-movie-.html
Saputra, D. (2016). Pengaruh Electronic Word of Mouth Dan Brand Image Terhadap Purchase Intention Smartphone Merek Apple Iphone Di Bandar Lampung.
http://digilib.unila.ac.id/24386/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.













