Strategi Unit Bisnis Ramen Jangar 69

  • Sarah Nuraeni Universitas Garut
  • Nizar Alam Hamdani Universitas Garut
  • Rohimat Nurhasan Universitas Garut
Keywords: Blue Ocean Strategy, IFE Matrix, SWOT Matrix, IE Matrix

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal apa yang memiliki penilaian tertinggi berdasarkan matriks pembobotan IFE (Internal Factors Evaluation) dan matriks EFE (External Factors Evaluation). Kemudian menganalisis posisi Ramen Jangar 69 saat ini dan strategi apa yang tepat untuk dilakukan berdasarkan matriks IE (Internal Eksternal) dan matriks SWOT (Strengths, Industry, Opportunities, dan Threats). Dari hasil yang diperoleh, selanjutnya akan dikembangkan strategi pada blue ocean strategy untuk keluar dari persaingan zona merah sekaligus menciptakan pasar baru. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan menganalisis lebih dalam lingkungan internal dan eksternal serta strategi yang diterapkan saat ini. Alat analisis yang digunakan berupa IFE (Internal Factors Evaluation), matriks EFE (External Factors Evaluation), IE (Internal External), matriks SWOT (Strengths, Industry, Opportunities, and Threats), canvas strategy dan framework empat langkah . Dilakukan untuk melihat kondisi Ramen Jangar 69 kemudian dikembangkan dalam strategi samudra biru. Hasil penelitian menunjukkan terdapat delapan faktor internal dan eksternal yang memiliki penilaian tertinggi, dan stabilitas posisi Ramen Jangar 69 saat ini dengan rating IFE 3.12 dan EFE 2.73 serta terdapat delapan alternatif strategi yang dihasilkan melalui matriks SWOT. Berdasarkan analisis strategi samudra biru Ramen Jangar mampu menjauh dari persaingan sengit dengan rival melalui kanvas strategi yang dibuat.

References

Abdullah, M. (2014). Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Asjawa Pressindo.
Aldehayyat, J. S. (2015, February). Environmental Scanning in Business Organisations. 38(5), 459-481 http://dx.doi.org/10.1108/MRR-02-2014-0032.
Asashi, T., & Sukaatmadja, I. G. (2017). Peran Inovasi Produk dalam Memediasi Pegaruh Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran. E-Jurnal Manajemen Unud, VI(4), https://ojs.unud.ac.id.
Bekraf. (2018). Kontribusi Menurut Subsektor Terhadap PDB Industri Kreatif. Retrieved 14 November 2018, from http://www.bekraf.go.id
Bellavia, A., Todd, T. J., & Williams, P. (2019). Approaches for incorporating environmental mixtures as mediators in. 368-374 https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S016041201832021X
BPS. (2018). Prediksi Pelaku UMKM. Retrieved 12 November 2018, from http://www.bps.go.id
Bonnici, T. S., & McGee, J. (2015, January). Strategic Business Unit (SBU). Wiley Encyclopedia of Management, p. https://www.researchgate.net/publication/313967029.
David, F. R. (2011). Strategic Management Concepts and Cases Thirteenth Edition. New Jersey: Prentice Hall.
DEPKOP. (2018). Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB) Tahun 2015-2017. Retrieved 14 November 2018, from http://www.depkop.go.id
Fidyansari, D., Idris, M., & Wahyuningsih. (2018). Strategi Pengembangan Usaha Dange di Kabupaten Luwu Utara. III(1), 288-298 https://journal.unct.ac.id/index.php/proceding/article/view/863.
Fillah, A., & Fitria, S. E. (2018, December). Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Produk, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Indihome. e-Proceesing of Management, V(3), https://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/8060.
Hamdani, M. (2018). Analisis Penerapan Red Ocean Strategy dan Blue Ocean Strategy Menggunakan Skema Hapuska-Kurangi-Tingkatkan-Ciptakan, Kanvas Strategi dan Indeks Samudra Biru pada Cofee Shop di Medan. Repositori Institusi USU, https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/5466.
Hasibuan, M. S. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Kartiningrum, E. R. (2018). Pengaruh Suasana Kafe dan Persepsi Kualitas Produk Kafe Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kafe Ling-Ling Fruit Bar Soekarno Hatta di Kota Malang. eprints.umm.ac.id/40106/.
Kim, W. C., & Mauborgne, R. (2015). Blue Ocean Strategy (How to Create Uncontested Market Space and Make the Competition Irrelevant). Boston Massachusetts: Harvad Business Review Press.
Kumar, A., Srivastava, A., Kumar, R., & Tiwari, R. (2018). Analyzing Indian research and development organizations: a SWOT analysis. International Journal of Innovation, 10(3), 298-315 https://doi.org/10.1108/IJIS-04-2017-0029.
Moleong, J. L. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Namin, H. S. (2015). On the applicability of analysis of internal and external factors: A case study of Imam Khomeini Relief Foundation in Ardabil. International Journal of Organizational Leadership, 4(1), 72-85 https://web.b.ebscohost.com/abstract?direct=true&profile=ehost&scope=site&authtype=crawler&jrnl=23456744&AN=116326060&h=xALfq0MssX0a0UIrmJrounNdkDG6Hc5EW9Bfv7DYxzd7tV%2b3FVAZ9whM3NqNYXEZUSCuBal3XGa8ReXHcjN2uA%3d%3d&crl=c&resultNs=AdminWebAuth&result.
Nuary, N. S. (2016). Strategi Pemasaran dengan Pendekatan Analisis SWOT pada PT. Super Sukses Motor Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, II(1), 30-42 https://studilibid.com/doc/135373/strategi-pemasaran-dengan-pendekatan-analisis.
Oke, A. E., Aghimien, D., & Adedoyin, A. (2018, April). SWOT Analysis of Indigenous and Foreign Contractors in a Developing Economy. International Journal of Quality & Reliability Management, 1-26 https://doi.org/10.1108/IJQRM-11-2016-0210.
Pearce II, J. A., & Robinson Jr, R. B. (2013). Manajemen Strategis: Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.
Putri, R. T., Novirani, D., & Kurniawan, D. (2015, April). Formulasi Strategi Menghadapi Persaingan Industri Kuliner Pada Eins Bistro & Boutiqe di Bandung. Jurnal Online Institur Teknologi Nasional, II(3), https://ejurnal.itenas.ac.id/index.php/rekaintegra/article/view/755.
Ramdani, S. H., & Supriyat, F. (2014). Analisis Faktor Eksternal dan Internal Untuk Menentukan Strategi Pemasaran Pada CV. Certowin Multi Trading Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Akuntansi Fakultas Ekonomi (JIMAFE), 2, 48-55 https://journal.unpak.ac.id/index.php/jimfe/article/viewFile/492/404.
Rangkuti, F. (2009). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Retnowati, N. D. (2010). Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal Studi Kasus: PT. Intan Pariwara Klaten. Jurnal Bisnis Informatika, II(2), 91-96 http://ojs.uajy.ac.id/index.php/jbi/article/view/299.
Rusdiansyah. (2016, Juni). Analisis Strategi Aplikasi Penagihan dengan Metode SWOT. Bina Insani ICT Journal, III(1), 145-15 https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/biict/article/view/811.
Santosa, P. W., & Herjanto, E. (2018). Strategi Bisnis dengan Menggunakan Analisis SWOT dengan Model Supply Chain Logistic untuk Meningkatkan Penjualan Retail Pada PT. XYZ. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, III(1), 11-22 https://journal.untar.ac.id/index.php/jmbk/article/view/1292.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunarta. (2010). Perencanaan Sumber Daya Manusia. (XXXVI), https://doi.org/10.21831/informasi.v2i2.6197.
Susanthi, P. R. (2017, November). Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal dalam Mencapai Tujuan Perusahaan (Studi Kasus STIE Galileo Batam). Riset Ekonomi Bidang Manajemen dan Akuntansi (REKAMAN), 1(1), 30-41 http://ejournal.stiegalileo.ac.id/index.php/1/article/view/37.
Tyas, S. K., & Chriswahyudi. (2017, November). Perencanaan Strategi Pemasaran dengan Pendekatan. 1-9 https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/article/view/1989.
Usman, H. (2013). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan Edisi Empat. Jakarta: Bumi Aksara.
Wheelen, T. L., & Hunger, J. D. (2012). Strategic Management and Bussiness Policy Thirteenth Edition. United States of America: Prentice Hall.
Published
2022-10-27