Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Tentang Pendidikan Dan Pelatihan Penyandang Disabilitas Terhadap Manajemen Program Pengembangan Potensi Penyandang Disabilitas Untuk Mewujudkan Efektifitas Program Penyediaan Potensi Kerja Penyandang Disabilitas

  • Sarah Cinta Setiyani Universitas Garut
  • Endang Soetari Ad Universitas Garut
  • Tinneke Hermina Universitas Garut
Keywords: Efektivitas, Kebijakan Pendidikan dan Pelatihan, Manajemen Program, Pengembangan Potensi, Potensi Kerja

Abstract

Penelitian ini dibuat untuk mengetahui dan mengkaji pengaruh pelaksanaan kebijakan pendidikan dan pelatihan penyandang disabilitas terhadap manajemen program pengembangan potensi pengandang disabilitas untuk mewujudkan efektifitas program penyediaan potensi kerja penyandang disabilitas di SLBN-Garut. Metode ini adalah penelitian deskiptif dengan teknik penelitian survey pada pengaruh kebijakan tentang pendidikan dan pelatihan penyandang disabilitas terhadap manajemen program pengembangan potensi penyandang disabilitas untuk mewujudkan efektifitas program penyediaan potensi kerja di Kabupaten Garut. Hasil penelitian mnyimpulkan : 1) Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dan Pelatihan Penyandang Disabilitas sudah dilaksanakna dengan baik. Hal ini ditunjukan melalui adanya komunikasi antar sekolah dengan pihak-pihak tertentu untuk mensosialisasikan bahwa penyandang disabilitas memperoleh pendidikan dan pelatihan sehingga memiliki keterampilan yang mumpuni di bidang tertentu. 2) Manajemen yang baik yang dilakukan oleh sekolah dengan menyesuaikan materi pendidikan dan pelatihan dengan pesertanya, kemudian dilibatkannya pengajar atau instruktur yang ahli di bidangnya, dan metode yang diaplikasikan baik secara informal maupun formal yang mampu mengembangkan potensi penyandang disabilitas. 3) Efektivitas Program Penyediaan Kerja Bagi Penyandang Disabilitas telah dilaksanakan dengan baik yang Terkait dengan beberapa penemuan, disarankan kepada : 1) Sebaiknya manajemen program yang dilaksanakan setiap semester lebih dikembangkan lagi sesuai dengan perkembangan zaman. 2) Untuk mengembangkan dan meneliti tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dan pelatihan bagi penyandang disabilitas, manajemen program, dan efektivitas program ini dapat dianalisis menggunakan alat analisis data yang lebih memadai misalnya structural equation model (SEM).

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dedi, M. (2018). Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.
Diskominfo Jabar. (2021). Jumlah Penduduk Disabilitas Berdasarkan Jenis Kelamin di Jawa Barat. Retrieved January 17, 2022, from opendata.jabarprov.go.id website: https://opendata.jabarprov.go.id/id/dataset/jumlah-penduduk-disabilitas-berdasarkan-jenis-kelamin-di-jawa-barat
Femy, & Prasetya. (2017). Penerapan Diversity Management Dalam Rangka Meraih Competitive Advantage. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 50 No.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hardiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik (Edisi Revisi). Yogyakarta: Gava Media.
Irfan, I. (2017). Kebijakan Publik. Tanggerang: Universitas Terbuka.
Iskandar, J. (2019). Bunga Rampai Administrasi Negara. Bandung: Puspaga.
Kemensos. (2021). Sistem Informasi Penyandang Disabilitas - Kementerian Sosial RI. Retrieved January 4, 2022, from simpd.kemensos.go.id website: https://simpd.kemensos.go.id/
Mulianto, F. (2013). Pengaruh Pengetahuan Peluang Kerja Terhadap Keputusan Memilih Jurusan Siswa SMK LKIA Pontianak. FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak.
Mustanir, A., Razak, M. R. R., Herman, & Asrifan, A. (2021). Implementasi Kebijakan Pemrintah terhadap Pemenuhan Hak-Hak Pendidikan Penyandang Disabilitas di Kabupaten Enrekang. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management), 4(2), 119–136. https://doi.org/10.19105/RE-JIEM.V4I2.4916
Pasolongg, H. (2017). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Pemprov Jabar. (2017). 67 Disabilitas Diterima di Perusahaan Besar . Retrieved January 17, 2022, from jabarprov.go.id website: https://jabarprov.go.id/index.php/news/25824/67_Disabilitas_Diterima_di_Perusahaan_Besar
Poerwanti. (2017). Pengelolaan Tenaga Kerja Difabel untuk Mewujudkan Workplace Inclusion, INKLUSI. Journal of Disability Studies, vol 4(01).
Siagian, S. P. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Singarimbun, S., & Effendi, M. (2011). Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3S.
Siswanto. (2018). Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Situmorang, A. . (2021, February 24). Menaker Ida: Ada 247.000 Penyandang Disabilitas Menganggur | merdeka.com. Retrieved January 4, 2022, from merdeka.com website: https://www.merdeka.com/uang/menaker-ida-ada-247000-penyandang-disabilitas-menganggur.html
Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjahjono, B. (2017). Manajemen Pelatihan Vokasional Bagi Penyandang Disabilitas Daksa. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(2), 128–137. https://doi.org/10.17977/um025v1i22017p128
Wilson, B. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.
Published
2024-03-27