Pembinaan Karakter Siswa Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Madrasah Ibtida’iyah Negeri 7 Boyolali

  • Gunarni Suprihhatin UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Yusup Rohmadi UIN Raden Mas Said Surakarta

Abstract

Pembinaan karakter merupakan salah satu aspek penting dalam pendidikan untuk membentuk individu yang memiliki nilai-nilai luhur. Projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan mengkaji tahapan pembinaan karakter melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila di MIN 7 Boyolali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan enam tahapan dalam pembinaan karakter siswa, yaitu melibatkan pembentukan tim fasilitator sebagai penggerak utama, asesmen lingkungan dan gagasan untuk mengidentifikasi tantangan dan potensi di lingkungan sekolah dan masyarakat, perancangan projek untuk memberikan kerangka kerja terstruktur, penyusunan modul untuk pemahaman mendalam tentang tujuan dan nilai dalam pembinaan karakter, pelaksanaan projek sebagai kesempatan siswa menerapkan pemahaman dan keterampilan, dan pelaporan projek untuk berbagi hasil pembelajaran. Enam tahapan pembinaan karakter melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan pendekatan yang efektif dalam mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan siswa. Temuan ini dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan pembinaan karakter melalui projek untuk memperkuat pofil pelajar dalam konteks Pancasila.

References

Alwasilah, A. C. (2015). Pokoknya Studi Kasus: Pendekatan Kualitatif. Dunia Pustaka Jaya.
Amir, I., Nursalam, N., & Mustafa, I. (2022). Tantangan Implementasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum Merdeka Belajar. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2022), 204–215. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.7587
Anwar, R. N. (2023). Perencanaan Pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Sekolah Penggerak. Absorbent Mind, 3(2), 69–79. https://doi.org/https://doi.org/10.37680/absorbent_mind.v3i2.3241
Chonitsa, A., Idaningrum, J., & Afifah, Z. (2023). Strategi Guru Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka Belajar di SMPN 2 Pekalongan. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i1.8
Damayanti, I., & Al Ghozali, M. I. (2023). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Program Kokurikuler Di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 789–799. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5563
Dewi, D. A., Hamid, S. I., Kamila, J. T., Putri, S. B., & Haliza, V. N. (2021). Penanaman Karakter Smart Young And Good Citizen untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5234–5240. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1614
Fitrah, M., & Luthfiyah, L. (2017). Metodologi penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Jejak Publisher.
Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(04), 553–559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309
Hendri, Utami, I. S., & Nurlaili, L. (2022). Optimalisasi Peran Sekolah dengan Analisis Interaktif bagi Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(1), 32–43. https://doi.org/10.21067/jmk.v7i1.6464
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Khoeratunisa, S., Yektyastuti, R., & Helmanto, F. (2023). Eksplorasi Kebhinekaan Global Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Siswa Sekolah Dasar. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science, 478–493.
Risdiany, H., & Anggraeni, D. (2021). Penguatan karakter bangsa sebagai implementasi nilai-nilai Pancasila. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(4), 696–711.
Sari, I. K., Pifianti, A., & Chairunissa, C. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Fase A Pada Tema Bhineka Tunggal Ika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(2), 138–147. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p138-147
Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583–593. https://doi.org/10.29210/30032075000
Supriyono, S. (2014). Membangun karakter mahasiswa berbasis nilai-nilai pancasila sebagai resolusi konflik. EDUTECH, 13(3), 325–342. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i3.3087
Suttrisno, S., & Rofi’ah, F. Z. (2023). Integrasi nilai-nilai kearifan lokal guna mengoptimalkan projek penguatan pelajar pancasila Madrasah Ibtidaiyah di Bojonegoro. PIONIR, 12(1), 55–76. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v12i1.17480
Umrati, U., & Wijaya, H. (2020). Analisis Data Kualitatif: Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. STTJ.
Yuliastuti, S., Ansori, I., & Fathurrahman, M. (2022). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas 4 SD Labschool UNNES Kota Semarang. Lembaran Ilmu Kependidikan, 51(2), 76–87. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/lik.v51i2.40807
Published
2024-02-07