Pengaruh Pelaksanaan Pembiayaan Madrasah Terhadap Manajemen Madrasah Untuk Mewujudkan Mutu Lulusan (Penelitian di MTs. Al-Hikmah I dan Al-Hikmah II Talegong)

  • Aep Mulyono Universitas Garut
  • Endang Soetari Universitas Garut
  • Nizar Alam Hamdani Universitas Garut
Keywords: Pelaksanaan Pembiayaan Madrasah, Manajemen Madrasah, Mutu Lulusan

Abstract

Salah satu masalah yang dihadapi negara ini saat ini dalam hal pendidikan adalah mutu lulusan yang buruk. Karena pengelola madrasah tidak melaksanakan pembiayaan madrasah secara ideal, kondisi ini terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi dampak pembiayaan madrasah terhadap manajemen madrasah dalam rangka meningkatkan mutu lulusan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik sensus. Populasi yang dijadikan sampel dalam penelitian ini sebanyak 65 orang guru di MTs.  Al-Hikmah I dan Al-Hikmah II Talegong. Teknik pengumpulan data yang digunakan studi dokumentasi dan lapangan. Metode analisis data adalah model analisis jalur statistik, Studi lapangan dan studi dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu = thitung    5,4996 > ttabel = 1,9996 artinya H0 ditolak sedangkan H1 diterima. Hal ini menunjukan bahwa secara simultan maupun parsial variabel pelaksanaan pembiayaan madrasah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap manajemen madrasah dalam mewujudkan mutu lulusan di MTs.  Al-Hikmah I dan Al-Hikmah II Talegong. Temuan penting Penelitian sudah terungkap, sehingga direkomendasikan untuk mencari solusi untuk masalah ini dengan langkah: (1) Pelaksanaan Pembiayaan Madrasah dalam pembayaran tunjangan profesi bagi guru harus lebih diperhatikan (2) Menyediakan Layanan Kesehatan Madrasah (3) guru memperbaiki sistem pembinaan, dengan metode-metode yang dapat memotivasi siswa dalam berpasipasi diberbagai pengebangan minat di madrasah.

References

Edward Sallis, Total Quality Management In Education, (Yogyakarta: Ircisod, 2015), 23-24.
Fathurrohman, M dan Sulistyorini. 2012. Belajar Dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras.
Hanafi, Halid. dkk. (2018). Profesionalisme Guru Dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah. Yogyakarta: CV Budi Utama
Hidayat, A. A. (2017). Metodologi Penelitian Keperawatan dan Kesehatan (A. Suslia & T. Utami, eds.). Penerbit Salemba Medika
IKAPI. 2010. Himpunan Peraturan Perundang-Undangan SISDIKNAS.
Iskandar, J. (2020). Modul Mata Kuliah Metode Penelitian. Garut: Pasca Sarjana Universitas Garut.
Musthafa, Jamal Ma’mur, Asmani. 2012. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta : Diva Press. L. A.-H. (2017). Model Pembiayaan Pendidikan MadrasahAliyah Swasta. Journal of Islamic Education, 2(2), 228.
Muammar. 2020. Sejarah Kebudayaan Islam MI Kelas 5. Jakarta: Direktorat KSKK Madrasah dan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,
Zazin, Nur. (2011). Gerakan Menata Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Published
2023-08-31

Most read articles by the same author(s)